Travel is my dream

Spa changes everything

Capture the moment



Jakarta, Setiap manusia memiliki kerangka yang terbuat dari ratusan tulang. Tulang-tulang ini menghasilkan struktur tubuh, membuat seseorang mudah bergerak dan melindungi organ. Tulang apa saja yang penting bagi tubuh?

Tubuh memiliki sekitar 300 tulang saat baru dilahirkan, tapi seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan maka tulang yang terbentuk saat dewasa hanya sekitar 206 tulang saja. Saat bayi tulang terbuat dari tulang rawan (cartiage) yang lembut serta fleksibel, tulang ini akan tumbuh dan lambat laun akan digantikan oleh tulang yang keras dengan bantuan kalsium.

Pada usia 20-an tahun, proses ini sudah lengkap dan tidak ada lagi pertumbuhan. Tulang-tulang tersebut sudah besar dengan kerangka yang sangat kuat dan ringan.

Seperti dikutip dari Kidshealth, Senin (28/6/2010) ada empat tulang yang memiliki peran penting untuk tubuh, yaitu:

Tulang tengkorak
Tulang datar ini sangat penting bagi tubuh karena berfungsi menutupi dan melindungi otak serta bentuk wajah, yang terbuat dari beberapa tulang berbeda.

Semua bayi dilahirkan dengan ada jarak (spasi) antar tulang, hal ini memungkinkan tulang untuk bergerak. Seiring pertumbuhan, ruang antar tulang ini akan menutup dan ada sendi khusus yang menghubungkan tulang-tulang tersebut.

Tulang tengkorak ini terdiri dari delapan tulang, tulang depan, dua tulang temporal, dua tulang parietal, sebuah tulang occipital, sebuah tulang ethmoid dan tulang sphenoid. Selain itu tulang terkecil di tubuh juga terdapat di kepala yaitu tulang sanggurdi yang berada di balik gendang telinga dan memiliki ukuran 2,5-3,3 mm.

Tulang belakang
Tulang ini bisa memutar, membungkuk dan membuat tubuh tegak. Fungsi terpenting dari tulang ini adalah untuk melindungi saraf tulang belakang dan sekumpulan saraf besar yang berfungsi mengirimkan informasi dari otak ke seluruh tubuh.

Tulang belakang ini terdiri dari 26 tulang dan masing-masing berbentuk seperti cincin yang disebut dengan tulang vertebrata. Selain itu juga terdiri dari sakrum dan tulang ekor.

Tulang iga/rusuk
Tulang ini meiliki fungsi yang penting karena bertugas melindungi organ-organ seperti jantung, paru-paru dan hati. Berbentuk seperti sangkar tulang di sekitar dada dan sangat mudah dirasakan jika seseorang memegangnya di bagian depan badan.

Rusuk ini berpasangan di sisi kiri dan kanan dengan setiap pasangan yang sama persis. Sebagian besar orang memiliki 12 pasang tulang rusuk, tetapi beberapa orang tertentu dilahirkan dengan tulang rusuk yang lebih banyak atau justru kurang satu pasang.

Tulang tungkai
Beberapa tulang utama membentuk tungkai seseorang. Pada lengan masing-masing memiliki satu humerus yang merupakan tulang besar di bagian atas lengan, serta dua tulang panjang di lengan yang merupakan ulna dan radius.

Selain itu juga ada tulang carpal di pergelangan tangan, tulang panjang di paha yang disebut femur, dua tulang memanjang (tibia dan fibula) dari lutut ke pergelangan kaki, tulang pergelangan kaki (tarsals), tulang tangan dan kaki (metacarpals dan metatarsal) serta phalanges yang merupakan tulang jari kaki dan tangan.



http://www.detikhealth.com/read/2010/06/28/170035/1388627/763/tulang-tulang-yang-penting-untuk-tubuh?ld991107763

No comments:

Post a Comment

Apabila ada Kritik, Saran, Dan komentar silahkan di tulis di sini.
HAPPY BLOGGING. :D

Note:
Mohon maaf saya tidak akan menampilkan komentar SPAM, POR**, SARA, komentar yang meninggalkan life link di dalamnya, dan komentar yang berisi iklan/promosi. Demikian harap untuk dimaklumi. :)