Home » , » "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat"

"Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat"

Written By Maulidan Nashuha on Sunday, 5 December 2010 | 15:01


VIVAnews - Sebuah studi terbaru mengatakan,  gen yang bertanggung jawab memproduksi sperma -- yang fungsinya sangat vital -- ternyata mampu bertahan dalam proses evolusi selama 600 juta tahun.

Gen yang disebut Boule itu tak berubah dan saat ini ditemukan hampir di semua binatang.

"Temuan kami menunjukkan bahwa manusia, sekompleks apapun kita, melewati fase evolusi sama dengan binatang yang sederhana, lalat misalnya -- masih punya fundamental elemen yang sama," kata Eugene Xu, asisten profesor obstetri dan ginekologi  Northwestern University Feinberg School of Medicine, seperti dimuat laman LiveScience.

Sebelum Boule terungkap, ilmuwan belum mengetahui bahwa sperma yang dihasilkan berbagai jenis makhluk  berasal dari prototipe yang sama.

Dalam beberapa skenario evolusi, diyakini bahwa berkembang makhluk terjadi secara independen, tak ada yang serupa. Misalnya, burung dan serangga, keduanya sama-sama bisa terbang, tapi sayap yang dimiliki dua makhluk itu sama sekali berbeda.

Dalam penelitian ini, Xu meneliti dan akhirnya menemukan keberadaan gen Boule dalam sperma di jalur evolusi yang berbeda. Gen Boule ada pada manusia, mamalia, ikan, serangga, cacing dan invertebrata laut.

Pencarian Boule membutuhkan proses panjang dengan penelitian sperma  landak laut, ayam jantan, lalat buah, manusia, dan ikan.

Kata Xu, ini sebuat temuan yang tak terduga. Apalagi, biasanya gen seksual tertentu, termasuk yang berperan dari produksi sperma -- biasanya berubah di bawah 'tekanan' proses evolusi.

"Ini benar-benar mengejutkan karena diketahui produksi sperma sangat ditentukan seleksi alam," kata Xu.

Namun, Boule istimewa. "Ini adalah satu unsur seks khusus yang tidak berubah di seluruh spesies. Mestinya ini gen yang punya peran sangat penting, sebab dia tidak dapat berubah. "

Penemuan gen sperma ini tak hanya menguak kesamaan fundamental antara mahluk hidup. Tapi juga akan bermanfaat bagi manusia.

Salah satunya, dalam pembuatan kontrasepsi untuk pria. Saat peneliti mengeluarkan gen Boule dari tubuh tikus, binatang itu tetap sehat tetapi ia tidak mampu menghasilkan sperma.

"Ini ideal untuk pengembangan obat kontrasepsi pria," kata Xu.

Boule juga memiliki potensi untuk mengurangi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan parasit.

"Karena kami sudah tahu bagaimana mengendalikan pembiakan nyamuk dan parasit."

Dijelaskan Xu, dengan merekayasa atau menghambat fungsi gen Boule pada  parasit dan kuman, akan menghentikan perkembangbiakannya.

"Ini bisa jadi terobosan masa depan, bagaimana kita membuat pestisida atau obat yang ampuh melawan parasit menular atau pembawa kuman. "



 http://dunia.vivanews.com/news/read/164986--ada-kesamaan-gen-sperma-manusia-dan-lalat-
Anda sedang membaca artikel tentang "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat" dan anda bisa menemukan artikel "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat" ini dengan url https://danmasiver.blogspot.com/2010/12/ada-kesamaan-gen-sperma-manusia-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat" ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat" sebagai sumbernya.
Share This Article :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

5 December 2010 at 22:51

hahahaha,ada ada aja penemuan nih..
yg jelas gw ngga sama,kalian aja,hahah

Terimakasih coretan blogger atas Komentarnya di "Ada Kesamaan Gen Sperma Manusia dan Lalat"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Kritik Dan Saran Anda Sangat Berarti Bagi Kami.
Salam Persahabatan Untuk Semua.

Komentar Pop Up Disini

Dan's Blog Copyright © 2010 - 2013
All Rights Reserved - danmasiver.blogspot.com
Template Created And Designed By : Maulidan Nashuha - SafarGuide