Home » , » Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker

Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker

Written By Maulidan Nashuha on Saturday, 11 December 2010 | 17:56


Cancun, Meksiko, Naiknya permukaan air laut bukan satu-satunya ancaman dari pemanasan global. Mencairnya es di kutub utara juga memicu pelepasan bebagai polutan berbahaya yang selama ini terjebak dan diyakini akan meningkatkan jumlah penderita kanker di dunia.

Peringatan ini disampaikan dalam konferensi dunia tentang pemanasan global yang kini tengah berlangsung di Cancun, Meksiko. Sebuah penelitian yang mendukung peringatan tersebut baru akan dipublikasikan bulan depan.

Berbagai polutan berbahaya yang disebut sebagai Persistent Organic Polutant (POP) itu mengendap di kutub setelah bertahun-tahun mengotori atmosfer. Yang termasuk golongan POP antara lain pestisida jenis DDT, komponen elektronika PCB, dan limbah bahan bakar pesawat PAH.

Namun akibat adanya pemanasan global, POP itu kembali lepas bersamaan dengan mencairnya sebagian besar es di kutub utara. POP yang terlepas kembali mengotori udara dan akan bertahan selama puluhan tahun sebelum mengendap lagi secara alami.

POP tidak hanya mengendap di kutub, tetapi juga terakumulasi di jaringan tubuh manusia. Sebuah penelitian membuktikan, akumulasi di jaringan tubuh menyebabkan pencemaran POP dalam air susu ibu meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"POP yang masuk ke rantai makanan memang tidak banyak namun jika terakumulasi maka jumlahnya akan semakin banyak dan yang paling terkena dampaknya adalah manusia," ungkap perwakilan PBB, Donald Cooper seperti dilansir Dailymail, Kamis (9/12/2010).

Cooper mengatakan ancaman POP justru lebih nyata dibandingkan kenaikan permukaan air lau. Bahkan pihak-pihak yang berwenang dalam konferensi tersebut telah mengumumkan, desas-desus bahwa permukaan air laut akan naik 180 cm dalam 100 tahun mendatang adalah berita bohong.


http://www.detikhealth.com/read/2010/12/09/163359/1514650/763/cairnya-es-di-kutub-bisa-naikkan-jumlah-penderita-kanker
Anda sedang membaca artikel tentang Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker dan anda bisa menemukan artikel Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker ini dengan url https://danmasiver.blogspot.com/2010/12/cairnya-es-di-kutub-bisa-naikkan-jumlah.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cairnya Es di Kutub Bisa Naikkan Jumlah Penderita Kanker sebagai sumbernya.
Share This Article :
Comments
0 Comments

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Kritik Dan Saran Anda Sangat Berarti Bagi Kami.
Salam Persahabatan Untuk Semua.

Komentar Pop Up Disini

Dan's Blog Copyright © 2010 - 2013
All Rights Reserved - danmasiver.blogspot.com
Template Created And Designed By : Maulidan Nashuha - SafarGuide