Home » , » Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu

Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu

Written By Maulidan Nashuha on Saturday, 11 December 2010 | 17:46

Dan's Blog - Selama ini susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk masyarakat. Tapi bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi susu karena memiliki masalah pencernaan ada alternatif lain dengan mengonsumsi ikan teri dan ceker ayam.

Bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa umumnya tidak bisa mengonsumsi susu, karena laktosa yang terdapat di dalam susu tidak bisa dicerna dengan baik oleh usus sehingga menimbulkan gangguan seperti diare.

"Untuk orang yang memiliki intoleransi susu, sumber kalsium bisa didapat dari ikan terutama yang tulangnya bisa dimakan. Dan ikan yang banyak mengandung kalsium adalah ikan teri," ujar dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, ahli gizi klinik FKUI-RSCM dalam acara peluncuran Logo baru Frisian Flag dan Kampanye 'Raih Esokmu' di Ballroom Ritz Charlton, Jakarta, Jumat (10/12/2010).

dr Samuel menuturkan kalsium itu banyak terdapat di tulang, jadi ikan yang bisa dikonsumsi bersama dengan tulangnya mengandung kalsium yang tinggi seperti ikan teri biasanya dimakan bersama dengan tulang-tulangnya. Selain itu ceker ayam juga ada kalsiumnya.

"Tapi sebaiknya jangan konsumsi ikan teri yang sudah diawetkan (diasinkan) atau digoreng. Lebih baik ikan terinya dipepes atau disteam," ujar dokter yang berpraktek di di Semanggi Spesialist Clinic.

Kalsium selama ini diketahui bermanfaat untuk membangun dan menguatkan tulang. Tapi ternyata banyak manfaat dari kalsium bagi tubuh, karena mineral ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena diabetes dan menurunkan berat badan.

Hal ini karena kalsium bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak, tapi jika kalsiumnya berasal dari susu sebaiknya jangan memilih susu yang mengandung kadar lemak tinggi.

Selain itu asupan kalsium harus diperhatikan untuk menjaga agar jumlah kalsium dalam darah tetap dalam range normal sehingga tidak menganbil kalsium dari sumber lainnya.

http://www.detikhealth.com/read/2010/12/10/151122/1521836/766/ikan-teri-dan-ceker-ayam-sumber-utama-kalsium-selain-susu?ld991107763
Anda sedang membaca artikel tentang Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu dan anda bisa menemukan artikel Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu ini dengan url https://danmasiver.blogspot.com/2010/12/ikan-teri-dan-ceker-ayam-sumber-utama.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Ikan Teri dan Ceker Ayam Sumber Utama Kalsium Selain Susu sebagai sumbernya.
Share This Article :
Comments
0 Comments

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Kritik Dan Saran Anda Sangat Berarti Bagi Kami.
Salam Persahabatan Untuk Semua.

Komentar Pop Up Disini

Dan's Blog Copyright © 2010 - 2013
All Rights Reserved - danmasiver.blogspot.com
Template Created And Designed By : Maulidan Nashuha - SafarGuide